Minggu, 19 Mei 2019

KRISTEN

KRISTEN
(Kasaranian)
Bacaan Alkitab dari Kisah Para Rasul 11:19-26

Pada umumnya istilah yang digunakan untuk menggambarkan keberadaan warga Gereja yang selalu menjauhkan diri dari persekutuan adalah “Kristen KTP”. Artinya mereka mengaku Kristen, namun hanya sebatas pengakuan saja, tetapi tidak mewujud melalui perbuatan.

Berbicara soal integritas, hal inilah yang telah diperlihatkan oleh orang-orang yang telah percaya kepada Yesus Kristus. Di tengah penganiayaan (ay.19) mereka semakin giat memberitakan Injil bahwa Yesus adalah Tuhan (ay.20). Pelayanan pemberitaan mereka tidak pernah sia-sia karena tangan Tuhan menyertai mereka. Penyertaan Tuhan sungguh nyata yaitu melalui sejumlah besar  orang menjadi percaya dan berbalik kepada Tuhan (ay.21). Dan di Anthiokialah  untuk pertama kalinya murid-murid itu disebut Kristen. Hidup kekristenan semakin mereka nampakkan, dengan menyatakan kepedulian bagi sesama yang ditimpa kelaparan (ay.29)

Jadi menjadi Kristen bukan sekedar slogan saja, karena Kristen adalah sebuah komitmen untuk mengiring atau mengikut Kristus. Mengikut Kristus berarti sepenuh hati  dan sepenuh jiwa percaya dan mempercayakan hidup kepada-Nya. Menjadi Kristen berarti mengimani penyertaan Tuhan, sehingga hanya Dia yang diandalkan dan bukan mengandalkan diri sendiri. Dengan menjadi Kristen kita harus memiliki komitmen meneladani Kristus yang telah menganugerahkan cinta kasih-Nya bagi umat manusia. Kasih Kristus ialah kasih tak bersyarat, kasih diberikan secara cuma-cuma yaitu dengan menyerahkan diri-Nya sendiri menebus dosa umat manusia. Kiranya kasih kita sebagai seorang Kristen pun adalah kasih yang tulus bagi sesama. Amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar